MANAJEMEN STRATEGI: STUDI KASUS PT.AGRICON PUTRA CITRA OPTIMA(TERMINIX INTERNATIONAL INDONESIA)

 

SEJARAH SINGKAT


–> 

 

 

 

MANAJEMEN
STRATEGI:

STUDI KASUS

PT.AGRICON PUTRA CITRA OPTIMA(TERMINIX INTERNATIONAL INDONESIA)

 

Hama
merupakan  permasalahan yang terjadi diseluruh wilayah,dan lapisan masyarakat.
Sampah yang dihasilkan rumah tangga, perkantoran,hotel, rumah sakit, pasar dan
lainnya setiap harinya dibuang begitu saja, karena menngganggu kenyamanan,
berbau, mengganggu estetika, dan hampir semua orang beranggapan bahwa sampah
adalah suatu hal yang menjijikan, kotor, mengandung penyakit  serta sum
ber
hama beresarang dan lain sebagainya.   Karna
banyaknya populasi
hama di indonesia dan serta di dukung
pula dengan beberapa faktor keberadaan hama serta cuaca
melalui banyak sampah,kubangan air yang potensi adalah sebagai
sumber hama bersarang maka dari itu kami berusaha memanfaatkan lahan yang ada
untuk
menghasilkan  sehingga
menjadikan
indonesia  bebas dengan hama menjadikan rumah aman nyaman tentram serta
sehat bebas hama.

SEJARAH SINGKAT

Berdiri sejak 1927 di Amerika Serikat,
Terminix adalah pelopor usaha jasa pengendalian rayap di dunia.
Terminix memperluas cakupan jasanya ke pengendalian tikus & serangga pada
1969 dan kemudian tumbuh menjadi salah satu perusahaan pengendali hama &
rayap terbesar didunia, dengan lebih dari 4,1 juta pelanggan di 14
negara
.

 

Pada
tahun 1995, PT. Agricon sebagai salah satu perusahaan agrochemical
terbesar di Indonesia membeli lisensi Terminix. Kemudian pada Desember 2002,
berdirilah PT. Agricon Putra Citra Optima sebagai pemegang lisensi
Terminix (Master License Holder) di Indonesia.

 

Hingga kini, Terminix dengan 26 cabang telah melayani ribuan
pelanggan di
24 kota besar Indonesia yakni Jakarta (3 cabang),
Tangerang, Cikarang, Bogor, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, Medan,
Lampung, Pekanbaru, Semarang, Timika, Malang, Manado, Padang, Yogyakarta yang
juga mencakup wilayah Banten, Sukabumi, Cirebon, Tasikmalaya, Garut, Sidoarjo,
Pasuruan, Kediri, Madura, Jember, Madiun, Kendari, Palu, Ambon, Gorontalo,
Pare-Pare, Palembang, Wonosobo, Purwokerto, Magelang, dan Solo.

 

 

 

 

 

Visi Perusahaan

 

Menjadikan
lingkungan  bebas hama dan nyaman lingkungan
Order

 

 Misi Perusahaan

 

1.    Konversi
pengendalian hama  melalui manajemen yang professional IPM (intregeted pest
menejement )

2.    Menerapkan
teknologi tepat guna untuk menghasilkan produk berkualitas

3.    Edukasi
masyarakat tentang cara  pencegahan hama secara tradisional agar smua
masyarakat hidup sehat aman & nyaman tampa ada hama yang menggangu

 

 

 

 

 

CAKUPAN
& JENIS PELAYANAN

Cakupan pelayanan Terminix International Indonesia meliputi area :

 

Hunian/Perumahan

Meliputi
rumah tinggal, villa & unit apartemen.

 

Komersial

Meliputi Hotel,
Restoran, Toko (Mall, Dept. Store dll), Fasilitas Pendidikan, Fasilitas
Kesehatan & Kecantikan, Fasilitas Publik & Hiburan, Fasilitas
Pengolahan Makanan, Manufaktur, Pergudangan & Distribusi serta Manajemen
Properti & Perkantoran.

 

Visi Misi Perusahaan

 

Visi

 

Menjadikan perusahaan
jasa pengendali hama yg berskala international

 

Misi

 

 Menjadikan indonesia
bebas hama dan menjadikan tempat tinggal yang nyaman dengan bebas hama

 

Tujuan perusahaan

 

 Dengan semakin
berkembang nya permasalahan hama di indonesia maka tujuan kami adalah
memanfaatkan lahan yg ada ini dngan menghasilkan pendapatan sehingga dengan
selain rumah bebas hama juga untuk menyejahterakan masyarakat yg maembutuhkan
pekerjaan

 

 

 

Analisis strenght
& weaknes PT Agricon putra citra optima (terminix)

 

Ø  Kualitas pekerjaan

+ pada dasarnya untuk
jenis pelayanan pada perusahaan ini sangat memuaskan pelanggan ini bisa di
buktikan dengan semakin brkembangnya perusahaan sehingga customer  mempercayakan
pada perusahaan ini dalam hal pengendaliaan serangga

 

– harga yang mahal

 Demi memuaskan ke
inginan pelanggan maka di tunjang pula dengan kualitas pelayanan sehingga
mengakibatkan tinggi nya biaya operasional termasuk biaya pada teknisi

 

Ø   Menguasai pangsa
pasar

+ karna terminix yang
mempunyai brand sehingga mampu menguasai pangsa pasar di seluruh wilayah
indonesia

 


Kurangnya
minat

Karna harga yg mahal
dan semakin bnyak nya perusahaan yg berkembang di bidang yg sama se hingga
masyarakat yg pada umumnya menengah kebawah lebih memilih perusahaan lokal
dalam hal pengendali hama

 

Ø  Sumberdaya manusia

+ kualitas pelayanan

Dengan  di tunjang
dengan sdm yang tinggi dan juga di dasari dengan pelatihan yg berkesinambungan
maka setiap teknisi kami mampu bersaing dengan kompeten dari perusahaan lain

 


Sulitnya
berkembang

Sebagai pelopor
perusahaan yg bergerak di bidang pengendali serangga maka setiap karyawanya
mempunyai pengetahuan yg luas di bidang hama dan sulitnya bersaing dengan
sesama rekan kerja untuk mendapatkan posisi jabatan maka banyak karyawan yg di
rekrut oleh perusahaan lain yg langsung mendapat jabatan

Ø   Ke uangan

+ pada saat terminix
masih bergabung dengan  perusahaan PT Agricon maka ke uangan perusahaan pada
saat itu sangat kuat dan dana cadangan berkecukupan

 


Setelah
melepaskan diri dari induk perusahaan dan berdiri sebagai PT AGRICON PUTRA
CITRA OPTIMA( TERMINIX ) dana yg tersedia untuk operasional mulai berkurang
akan teatapi dengan berkembangnya perusahaan sehingga TERMINIX  mampu berdiri
sendiri tanpa mengharapkan dukungan dana dari induk perusahaan

 

 

 

 

 

 

 

INTERNAL FAKTOR
ANALISIS STRENGHT

 

FAKTOR STRATEGIS